banner720 copy

Posisi Tidur Ibu Hamil yang Baik Pagi/Sore Hari Miring Ke Kanan Atau Terlentang Di Lantai Bagi wanita hamil sebaiknya banyak memberikan gizi dan nutrisi yang sangat cukup bagi kandungan atau calon bayinya dan pada dirinya sendiri serta memperhatikan berbagai macam kegiatan dan aktifitas yang dilakukan setiap hari agar tidak terlalu membahayakan untuk kondisi kehamilannya. Salah satu aktifitas yang harus diperhatikan bagi wanita yang hamil adalah posisi tidur yang baik dan benar.

tidur-ibu-hamil

Sekarang masih banyak para kalangan ibu yang hamil bertanya tentang bagaimana cara posisi yang baik untuk tidur. Ada juga yang bertanya posisi apa saja yang baik untuk tidur ibu yang hamil. Sebaiknya pilih posisi tidur yang profesional dan sewajarnya. Terutama bagi kalangan ibu yang sedang hamil di trimester ketiga perubahan perut akan lebih terlihat sehingga membuat tidur terasa tidak nyaman, biasanya perut sudah membesar, para ibu pasti khawatir dan takut untuk posisi tidurnya.Bagi para ibu yang sedang hamil, tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak fakta bahwa ibu yang hamil bisa menggunakan posisi tidur apa saja yang penting terasa nyaman dan nyenyak.

posisi tidur

Jika dipikirkan secara mendasar kehamilan terjadi karena kehendak-Nya sehingga untuk posisi tidur janin yang ada dalam kandungan jika ibu yang mengandung terasa nyaman maka janin pun begitu. Hal disebabkan cairan ketuban dalam perut memiliki ruangan berkembang dan bergerak yang cukup besar dan luas. Namun untuk mendapatkan amannya, sebaiknya perhatikan baik-baik posisi tidur ibu yang hamil untuk kenyamanan tidur dan keamanan janin yang ada dalam kandungan.

Berikut ini ada berbagai posisi yang baik dan benar untuk tidur ibu yang hamil, antara lain:

1. Tengkulap Bagi kalangan ibu yang sedang hamil yang mana perutnya masih belum terlalu besar, maka posisi tidur tengkulap cukup aman. Namun untuk kehamilan di trimester pertama maka tanda pertama muncul pada bagian dada yang selalu sensitif sehingga kurang merasa nyaman ketika posisi tidur dengan tengkulap. Sebenarnya posisi tidur tengkulap bagi ibu yang hamil baik masih muda maupun sudah memiliki perut yang besar.

tidur-tengkurap

2. Terlentang Posisi tidur terlentang merupakan suatu posisi yang ternyaman dan terbaik bagi ibu yang hamil baik hamil muda muapun tua. Bagi wanita yang hamil muda pasti disarankan untuk tidur dengan posisi terlentang karena akan menciptakan tidur yang nyenyak. Namun bagi ibu yang sudah memiliki perut yang besar, posisi terlentang tidak disarankan karena beban rahim akan bertumpu pada bagian belakang sehingga menciptakan tidur yang tidak nyaman. Jika posisi ini diteruskan bagi ibu hamil perut besar, maka akan mengakibatkan penyakit pinggang, gangguan pencernaan dan pengaruh di tekanan darah.

Posisi Tidur untuk Ibu Hamil terlentang

3. Miring Posisi miring sangat efektif bagi ibu yang sedang hamil, baik untuk ibunya sendiri sekaligus baik untuk janin yang dikandungnya. Jika posisi tidur miring ke sebelah kiri memberikan banyak keuntungan yang baik bagi calon bayi. Salah satunya, mendapatkan aliran darah yang normal dan lancar serta menambah banyak nutrisi yang mengalir pada plasenta. Selain itu, posisi tidur miring ke kiri sangat membantu melancarkan aliran ginjal.

tidur miring

Itulah beberapa posisi tidur yang baik bagi ibu hamil baik muda muapun tua. Sebenarnya untuk posisi tidur asal memberikan rasa nyaman bagi sang ibu dan calon bayi itu jauh lebih baik. Bagi ibu yang hamil tua sebaiknya pilih posisi tidur ke sebelah kiri agar memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi bayi sehingga calon bayi selalu sehat dan lancar ketika melahirkan.

banner720 copy