banner720 copy

Banyak jalan yang ditempuh demi mendapatkan keturunan. Ada yang menggunakan ramuan tradisional, terapi herbal, akupuntur, dan pastinya ada bantuan medis. Setiap pasutri yang sulit memiliki momongan akan mencoba segala cara demi mewujudkan keinginannya tersebut.

solusi hamil

Terapi medis merupakan cara yang teruji secara klinis dan dijamin keamanannya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan menjalani terapi di bawah ini agar cepat mendapatkan kehamilan.

Insenminasi Buatan

Cara cepat hamil yang pertama adalah dengan menggunakan program insenminasi buatan. Teknik ini dilakukan pada pasutri yang kualitas spermanya kurang bagus sehingga kesulitan mencapai sel telur di tuba fallopi. Tingkat keberhasilannya berkisar 5% hingga 25%, tergantung kondisi kesehatan kedua belah pihak dan usia. Semakin tua wanita, maka kualitas sel telurnya semakin rendah sehingga kemungkinan hamil lebih rendah.

inseminasi-buatan

Sebelum menjalani terapi insenminasi ini, wanita dan pria akan diberikan obat untuk merangsang kesuburan. Harapannya pada jadwal insenminasi sel telur sudah siap untuk dibuahi. Kemudian suami diminta mengeluarkan sperma dengan cara masturbasi. Nah, sperma tersebut dicuci dan diambil yang bagus saja untuk dimasukkan ke dalam rahim istri. Dokter akan menggunakan kateter khusus agar sperma lekas mencapai sel telur.Menurut pengalaman banyak wanita yang menjalani terapi ini, insenminasi buatan termasuk mudah dan tidak sakit. Bila gagal akan diulangi lagi hingga empat kali. Kalau keempatnya gagal akan disarankan mengikuti program bayi tabung.

Bayi Tabung

Cara cepat hamil dengan bantuan medis kedua adalah melakukan program bayi tabung. Biaya yang harus dikeluarkan untuk program ini cukup besar dengan proses yang panjang pula. Pasangan, terutama istri harus benar-benar dalam kondisi sehat selama menjalani proses tersebut.

Sebelum menjalani proses bayi tabung, istri harus diberikan beberapa suplemen dan peningkat hormonal. Tujuannya agar sel telur yang diproduksi dalam kondisi bagus. Bila sel telur sudah matang akan diambil menggunakan alat khusus dan diletakkan di dalam tabung yang suhunya sama dengan rahim.

bayi-tabung

Kemudian sperma diambil dan dipilih yang berkualitas unggul saja. Pembuahan dilakukan di luar rahim agar bisa dideteksi proses pembuahannya. Sel telur yang berhasil dibuahi akan dimasukkan kembali ke dalam rahim wanita (istri) untuk menjalani proses kehamilan seperti biasa.

Cara cepat hamil seperti ini tidak selalu berhasil dengan baik kendati menggunakan peralatan canggih. Terkadang pembuahan tidak terjadi sehingga prosesnya harus diulangi lagi dari awal. Proses bayi tabung ini memerlukan bedah kecil dan perlu waktu yang cukup lama sejak pemeriksaan awal.

Tiup Tuba Fallopi

Alasan lain mengapa seorang wanita sulit mendapatkan keturunan adalah tertutupnya saluran menuju tuba fallopi. Akibatnya, sel telur tidak bisa bertemu dengan sperma. Kalaupun terjadi pembuahan, sulit bagi embrio untuk menuju dinding rahim. Kasus tersebut bisa menimbulkan kehamilan ektopik di tuba fallopi.

tuba fallopi

Sepertiga wanita mengalami sumbatan saluran tuba yang disebabkan oleh endometriosis, penyakit infeksi, atau faktor lain. Cara mengatasinya adalah dengan ditiup atau hidrotubasi, yaitu cara yang dilakukan untuk membuka sumbatan saluran tuba. Dokter akan menyemprotkan cairan infus yang steril ke dalam saluran tersebut sampai 3 kali.

Hidrotubasi dilakukan setelah menstruasi. Bila sekali tiupan gagal akan diulangi lagi prosesnya bulan depan. Beberapa wanita berhasil mendapatkan kehamilan setelah metode ini. Tapi ada juga yang gagal dan melanjutkan ke proses lainnya. Cara cepat hamil hendaknya juga dilakukan pada pihak suami dengan meningkatkan kualitas sperma.

banner720 copy